Selasa, 28 Oktober 2014

Liburan Lebaran Idul Adha 2014, Wisata Part 1

Sesampainya di Jatinangor gw langsung menghubungi Putri untuk jemput ke kosannya doi. Tapi berhubung waktu itu sangat pagi sekali dan si Teteh juga sepertinya agak mager, gw putusin untuk jalan kaki menuju  TKP. Sebetulnya rada takut karena isu bacok membacok lagi santer terdengar. Gak di Jogja, gak di Bandung, gak di Nangor sama aja. Dengan mengedepankan kemampuan nekad yang dimiliki akhirnya gw sampai di depan pintu gerbang kosan si Putri.

Menunggu beberapa saat akhirnya sesosok perempuan menghampiri pintu gerbang. Dengan tampang asli baru bangun tidur dan ngomong agak nggak karuan gw memberikan titipannya Putri yang sebenernya juga menjadi salah satu alasan gw untuk Idul Adha di Bandung. Say hi pun terjadi dan akhirnya gw diusir olehnya. Sial! Pagi pagi buta gini udah bawain oleh-oleh nggak ditawarin istirahat dulu malah diusir. Sialan tu bocah emang. Tapi emang gak mungkin juga sih gw istirahat disana, kosan cewek itu mah, bisa digiring sekampung gw. Sesaat kemudian gw cabut ke kosannya Fandry sebagai tempat untuk menumpang hidup selama di Nangor. Fandry ini adalah teman gw dari SMA, teman sebangku pertama gw dan teman sekelas selama 3 tahun.

Bertemu dengan teman lama pasti bakalan excited, tapi beda kondisi yang ini. Gw udah berusaha untuk hepi gembira senang eh respon si Lubay (Fandry) ini biasa aja. Sialan pagi-pagi gw udah dikacangin. Tapi gw maklum kok soalnya karena dia gak tidur semaleman gara-gara nungguin gw. Uuu so shit...

--------

Setelah berbincang-bincang cukup alot dan buang-buang waktu nggak jelas tiba-tiba jam sudah menunjukkan pukul 6 kurang beberapa menit. Dalam pembicaraan sebelumnya dengan Lubay, gw sempat berdebat tentang kapan bakalan sholat ied. Soalnya saat Idul Adha kemaren ada perbedaan yang terjadi. Dimana pemerintah sholat hari Minggu tanggal 5 Oktober sedangkan Muhammadiyah tanggal 4 Oktober. Karena gw dari dulu biasanya ikut dengan Muhammadiyah pada awalnya mutusin buat sholat hari Sabtu, tapi karena di Jatinangor biasanya sholat di IPDN yang notabenenya adalah bagian dari institusi pemerintah, akhirnya gw manut dengan pemerintah aja.

Temen gw sekelas waktu SMA yang namanya Atik sms Lubay dan memberikan informasi bahwa di IPDN akan ada sholat ied jam setengah 7. Gw sendiri rada kurang percaya dengan smsnya Atik soalnya gw kembali mikir kan IPDN pasti ngikut pemerintah kok sholatnya bisa duluan gitu ya. Dengan kecepatan setan dan buru-buru menuju IPDN gw dan Fandry berlomba-lomba dengan waktu biar nggak ketinggalan sholat. Saking takut telatnya gw sama Lubay dan temennya Oscar naik ojek deket kosan dan langsung ngacir ke IPDN.

Sesampainya di IPDN apa yang terjadi saudara-saudara? Gw bertanya sama Lubay dan Oscar, "loh kok sepi banget ya? Kalo orang sholat kok nggak banyak kendaraan yang parkir?", mereka pun memberikan pernyataan dan pertanyaan sambil ngeliat sana sini mencari kebenaran yang terjadi. Karena kita semua bingung, akhirnya kita mencari security yang lagi ada di depan pintu gerbang IPDN dan Lubay pun nanya dimana sholatnya. Kami mendapat jawaban yang memuaskan dan bikin galau. Seperti yang gw duga IPDN ternyata memang menggelar sholat Idul Adha hari Minggu. Sialan! Gw menggerutu gak ada abisnya sampe perjalanan pulang. Karena tidak memiliki kesempatan buat sholat kami langsung cari makan dan ketemu dengan warung Lontong Padang. Mmmhhh gw pun excited buat makan disana, lontongnya betul-betul rasa Padang. Lumayan sebagai obat galau batal sholat Ied.

Setelah sarapan pagi gw, Lubay, Atik dan temennya ngacir ke kosan Febu, temen SMA gw. Sementara Oscar nggak ikut soalnya merasa bukan satu almamater. Akhirnya gw bertemu dengan Febu setelah terakhir kali Idul Fitri kemaren, gak lama lama juga sih tapi bikin kangen aja tuh anak. Haha... Gak lama dari kosan Febu kita menuju kosannya Cees, juga temen SMA gw.

"Tok tok tok, Cees...!!!", gak ada respon. "Tok tok Cees", mulai kedengeran suara krasak krusuk dari dalem kamar. "Tok tok tok Cees....!!!!!!!", Terbukalah pintu dengan munculnya seorang Cinderella yang baru bangun jam 9 dan mengatakan bahwa masih pagi banget. Cees oh Cees... haha. Tampang asli belom ada sentuhan bedak dan sedikit iler bikin kita sedikit ngakak plus ngurut dada melihat kerjaannya si Cees. Emang santai banget sih ni anak.

Setelah berbincang bersama tentang agenda hari ini ngapain, akhirnya kita memutuskan untuk jalan-jalan ke Lembang. Gw ngusul ke Dusun Bambu yang terkenal akan keindahannya, trus Floating market sama Derunch.

Akhirnya diputuskanlah secara bermusyawarah dan mufakat untuk perjalanan kita hari itu dimulai dari jam 13. Kami menyewa mobil di rental mobil disekitar kosan Putri. Untung pada saat itu si Lubay bisa nyetir mobil sehingga kita punya sopir buat nganter ke Bandung. Berhubung gw gagap nyetir maka semua diserahkan kepada Lubay sang pengemudi. Kita menyewa mobil new Terrios dengan harga 200 ribu untuk 12 jam. Lumayan mahal juga sih tapi berhubung mobilnya baru dan lumayan lega akhirnya kita memutuskan untuk langsung ambil. Soalnya yang berangkat dalam mobil lumayan juga 9 orang cuy.

Dengan jumlah sebanyak itu seharusnya tidak pantas untuk ditampung oleh itu mobil. Ada baiknya juga sih sebenernya karena kita bisa patungan rame-rame sehingga biaya yang dikeluarkan juga lebih murah.

Sebanyak 7 orang berangkat dari Jatinangor (gw, Fandry, Putri, Reni, Caca, Febu dan Cees) menuju kota Bandung untuk jemput 2 personel lagi. Dari Jatinangor kita ambil masuk tol Cileunyi agar perjalanan jadi lebih cepat. Soalnya kalo lewat jalan biasa bisa makan waktu lama sekali hampir sejam.

Si Lubay sebenernya sih driver amatiran yang belom punya banyak jam terbang mengemudikan kendaraan roda empat. Perjalanan kali merupakan kali pertama dia bawa mobil selama merantau. Dengan modal nekat dan berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dan perasaan gundah gulana bingung takut bercampur baur. Pernah beberapa kali kita selisih tipis banget sama mobil lain dan hampir cipokan antar kendaraan. Gw sebagai co-driver sampe nyungsep mental gara-gara ga kuat disopirin sama Lubay.

Untungnya jam 2 an kita udah nyampe Dago. Saatnya ganti driver. Di Dago kita udah janjian sama Pute dan Ibal. Sebelumnya Reni udah bilangin ke Ibal buat ikutan jadi sopir selama setengah hari perjalanan ini. Perjalanan pun dimulai... Let's goooooooo!!!!

Destinasi pertama kita adalah Derunch. Sebuah lokasi wisata di daerah Lembang dengan konsep ala-ala Cowboy. Sekitar jam 3an kita udah nyampe di Deranch. Tiket masuk cuma 15 ribu rupiah saja itupun sudah termasuk segelas susu segar. Buat gw itu worthed lah ya, dengan pemandangan dan suasana yang ciamik plus segelas susu bikin duit 15 ribu itu gak berasa rugi buat dikeluarin.

Gerbang Masuk Deranch
Sesampainya didalam ada semacam lounge untuk duduk sejenak sambil menikmati susu segar yang didapatkan dari paket tiket masuk. Kesegaran Lembang betul betul terasa, sejuk, angin semilir. Pantas sekali daerah Lembang ini untuk dijadikan destinasi wisata karena suasana dan cuaca yang bersahabat bagi wisatawan.
Lounge Dekat Pintu Masuk Deranch
Menikmati suasana Derunch memang asik. Disini banyak sekali wahana yang disediakan. Mulai dari naik kuda, sepeda air, flying fox mini, dll. Wahana disini lebih banyak untuk anak-anak, mungkin karena target pengunjung Deranch adalah keluarga. Selama di Deranch kami hanya menikmati foto2 dan pemandangan yang ada. Bisa dilihat dari foto-foto ini bagaimana keseruan yang kita rasakan.
Pose di Atas Kereta Kuda
Pose dengan Background Lapangan Kuda

All Girls

All Boys

Pose Depan Lapangan Kuda
(Putri, Caca, Febu, Gw, Lubay, Pute, Cees, Ibal & Reni as photoghraper)
Sebelum menuju perjalanan selanjutnya kita sholat ashar dulu bergantian sambil melepas lelah dan kepenatan selama di Deranch. Bagi gw pengalaman berwisata di Derunch memang worthed banget. Rasanya gak bakal rugi untuk berkunjung ke lokasi wisata yang satu ini. Four thumbs up buat manajemen Deranch yang mampu menghadirkan suasana cowboy di Lembang. Kemudian kita melanjutkan perjalanan ke destinasi wisata berikutnya...