Selasa, 21 Oktober 2014

Liburan Lebaran Idul Adha 2014, Perjalananan Jogja - Bandung

Malam guys...

Akhirnya setelah lama tak mengisi blog tercintah ini, dimalam yang gerah ini gw berkesempatan juga untuk menuturkan cerita dan keluh kesah yang lagi gw rasakan saat ini. (Bahasa yang sok OK)

Malam ini gw cuma berbagi tentang perjalanan liburan Idul Adha di Bandung kemaren. Yaps, jadi ceritanya Idul Adha tahun ini gw telah mempersiapkan rencana untuk sholat di Bandung sekalian liburan juga. Kebetulan gw punya temen deket yang kuliah di Jatinangor maka sagat berkesempatan sekali bagi gw untuk nangkring disana. Maka dari itu lah kenapa akhirnya terputuskan untuk lebaran dan liburan Idul Adha tahun ini jatuh di Bandung,,, eh gak Bandung sih Nangor ding... haha

Jadi ceritanya gw berangkat ke Bandung tanggal 3 Oktober 2014, hari Jumat sore jam 18.42. Padahal kuliah hari itu dikampus sampe jam 18.00. Sayang banget harus ngambil jatah kali itu buat persiapan ke Bandung. Soalnya sebagai orang yang begitu perfeksionis dan sedikit ribet gw nggak mau kalau nantinya terjadi suatu kendala yang berarti karena kurang prepare. Jadi kelas pagi sampe jam setengah 10 gw langsung beliin pesenannya Teh Putri. Dia minta dititipin Bakpia Greentea. Pada tau Bakpia gak? Bakpia itu merupakan oleh-oleh khas Jogja yang terbuat dari tepung trus ada isi didalem. Biasanya sih bakpia yang gw beli buat oleh-oleh mudik isinya cuma coklat, kacang padi, keju atau kacang merah. Tapi si Teh Putri dapet informasi dari temennya kalo di Jogja ada Bakpia Greentea, ya udah gw googling ketemu deh alamatnya. Buat yang mau beli bisa ke Pusat Oleh-Oleh Marlino di jalan Pakuningratan deket Tugu Jogja. Gak berapa jauh dari Pasar Kranggan.

Akhirnya untuk memberikan kesan yang memuaskan terhadap pelanggan di Bandung gw borong 5 kotak. 3 buat Putri, 1 buat Reni (sahabat gw dari SMA) dan 1 buat Lubay (Nama asli Fandry). Setelah beli buat tangan gw langsung ke kontrakan buat packing barang.
Bakpia Green Tea Merlino
Akhirnya jam menunjukkan pukul 16.00 Waktu Indonesia bagian Jogja. Gw udah minta tolong Rizqan (sahabat gw dari SMP yang kebetulan satu univ) buat nganterin ke stasiun. Rizqan udah standby dari jam setengah 5. Trus jam 5 sore gw caw ke stasiun untuk menghindari ketertinggalan yang membuat galau dunia akhirat. Gimana enggak walaupun tiket kereta ekonomi AC Jogja-Bandung cuma 50 ribu rupiah tapi kalo ketinggalan itu sakitnya tuh disini (taruh tangan di dada) kalo kata orang. Kemudian sampailah di Stasiun Lempuyangan jam 17.40 an. Berhubung tadi jalanan lumayan macet gw sama Rizqan cukup memakan waktu yang agak lama untuk sampai menuju stasiun terbesar kedua di Jogja ini. Stasiun Lempuyangan merupakan stasiun khusus untuk penumpang kereta ekonomi dan kereta komuter.

Sampai di stasiun gw langsung cetak tiket di mesin yang terlihat seperti ATM tapi dengan layar sentuh. Harusnya sih bisa coba ngeprint sendiri tapi berhubung penumpang yang mau cetak pada saat ini berjibun jumlahnya, maka kesempatan perdana gw mencoba mesin print tiket KA pun kandas karena digantikan oleh petugas KAI yang luar bisa kiprahnya sampe sampe keringetan melayani penumpang yang hendak mencetak tiket.

Pucuk Dicinta Ulampun Tiba, tak berapa lama menunggu kereta yang di idam-idamkan pun datang menjemput para "musafir" yang hendak melanglang buana. Walaupun telat 15 menit dari jadwal yang harusnya jam 18.42 tapi tak apalah, sembari menunggu toh bisa ngalay di medsos dulu kan ya.

Berangkat dengan kereta ekonomi itu ada suka ada duka. Sukanya adalah untuk saat ini kala kita akan melakukan perjalanan jauh biaya yang dikeluarkan sangat-sangat murah. Hanya dengan 50 ribu rupiah saja sudah bisa menempuh perjalanan Jogja - Bandung. Jauh lebih murah dibandingkan dengan pesawat ataupun bus. Selain itu untuk waktu tempuh kereta ekonomi menang jauh dari pada bus. Bandingin aja kalo pake ka Jogja - Bandung itu cuma 10 jam, kalo bus mah bisa belasan jam, itupun kalau tidak ada kendala berarti di perjalanan. Kalo ban bocorlah, macet lah, bencana alam lah bayangin aja bakal berapa lama dalam perjalanan menggunakan bus. Trus walaupun murah dan kelas paling rendah kereta ekonomi udah pake AC loh. Apalagi kalo perjalanan malem itu dinginnya sembriwinggg... Namun naik ka ekonomi AC ada dukanya juga guys, seperti yang gw katakan sebelumnya ka ekonomi itu merupakan kereta api dengan kasta paling rendah jadi fasilitas yang diberikan pun paling minimalis dibandingkan dengan kereta api bisnis ataupun eksekutif. Selain kursinya yang keras dan mentok di 90 derajat alias gak bisa ditekuk, jarak antar kursi pun mepet dan gak bisa diubah. Jadi kalo naik ekonomi AC itu kursinya itu fix hadap-hadapan dengan posisi dengkul ketemu dengkul. Trus formasi tempat duduknya itu 3 2, jadi kursinya ada yang duduk bertiga ada yang berdua. Bisa sumpek kalo elo anti-keramaian. Walaupun demikian dengan ramenya penumpang di ekonomi ac kadang kita bisa dapet kenalan baru geng. Gw udah beberapa kali naik kereta ekonomi ac (ketahuan banget anak kuliahan) setiap naik pasti ada orang yang ngajakin ngobrol, jadi punya teman bahkan keluarga baru deh. Sayangnya untuk perjalanan kali ini lagi berasa capek jadi sepanjang perjalanan banyak gw habiskan untuk tidur dan tidur. Capek bro...

Selama perjalanan beberapa kali gw terbangun dari alam mimpi karena posisi yang kadang nggak enak ato AC yang kadang dingin banget. Sesekali gw mencoba untuk mengetahui sedang berada di daerah mana. Tapi gw nggak pernah tau lagi di daerah mana. Akhirnya jam menunjukkan pukul 02.50 dini hari. Feeling gw mengatakan bahwa udah deket nih sama kota Bandung. Ternyata benar... Gw udah sampe di Bandung yang dipimpin sama Pak Ridwan Kamil, salah satu idola gw saat ini. Walikota yang punya background arstitek, Anda keren Pak!

Sekitar jam 3.10 kereta api Kahuripan yang membawa gw melanglang buana dari Jogja ke Bandung akhirnya "mendarat" di stasiun Kiaracondong. Dimana kondisi pada saat itu masih sepi sekali tak ada siapapun kecuali kami penumpang kereta Kahuripan dan petugas PT KAI. Alhamdulillah akhirnya nyampe Bandung juga. Trus gw keluar ngintilin penumpang lain mereka-reka kira-kira dimana pintu gerbang keluar stasiun. Kemudian di pintu ada petugas yang standby mengendalikan situasi saat itu. Karena tidak melihat ada loket penjualan maka bertanyalah gw kepada Pak petugas dimana loket penjualan KRD menuju stasiun Rancaekek. Ternyata berada di pintu masuk yang lain. Akhirnya gw menyeberangi rel demi rel untuk mencapai loket penjualan tiket KRD. Akhirnya jam 3.40 pagi-pagi buta KRD mengangkut gw bersama dengan para penumpang lain menuju stasiun Rancaekek. Kenapa gw ke Rancaekek? Soalnya mau ke Jatinangor. Karena naik taksi lumayan menguras pundi-pundi kalo dari Bandung, akhirnya gw memilih menaiki KRD ini karena tarifnya pun sangat ramah dikantong apalagi mahasiswa cuma SERIBU rupiah aja buat rute Kiaracondong - Rancaekek apalagi dini hari enak juga kan rame - rame, jadi gak berasa was-was kalo mau diculik. Hehehee...

Jam 4 an sampailah gw di stasiun Rancaekek, nggak banyak orang yang turun disini. Mungkin karena masih pagi banget kali ya. Berdasarkan informasi yang gw himpun dari Mbah Google, didapatkan bahwa kalo mau menuju Jatinangor dari Rancaekek itu bisa naik angkot yang jam 5 udah ada. Tapi berhubung jam 4 belom ada angkot gw awalnya kepikiran untuk nunggu aja sampe jam 5. Namun disaat gw lagi ingin keluar dari pintu stasiun ada seorang bapak yang nawarin ojek. Gw awalnya mikir siapa nih orang pagi-pagi jam segini udah ada distasiun. Awalnya rada was-was sih mau diapa-apain. Si Bapak nanya "mau kemana A'", gw jawab "Jatinangor Pak", Si Bapak nawarin "25 ya A'?", "ah 15 deh Pak", "nah 20 aja yah A", gw males akhirnya dengan stelan acuh berjalan kearah yang berlawanan dengan si Bapak. Beberapa saat kemudian dari kejauhan beberapa meter di belakang gw terdengar suara "ya udah A' 15 sampe Nangor". Dalam hati gw berucap, "Yes gw menang". Hahaha... Iyalah pagi-pagi gini gimana coba, Bapaknya butuh, gw butuh. Tapi si Bapak sepertinya lebih butuh dari gw sehingga manut dengan tawaran gw. Saat hendak menuju motor ojekan si Bapak ternyata dia rame juga sama temennya ngojek pagi subuh begitu. Dan gw caw menuju Jatinangor... Sementara dalam perjalanan gw hubungin Putri buat jemput di Jatos (Semacam Mall yang ada di Jatinangor).